Nuckelavee, Makhluk Mitos Penyebab Malapetaka Mengerikan

Sebuah cerita rakyat dari Kepulauan Utara Skotlandia mengisahkan tentang Nuckelavee, sebuah makhluk mitos yang berbentuk kuda yang menggabungkan unsur-unsur kuda dan manusia. Nuckelavee digambarkan sebagai iblis yang sangat jahat, yang bisa mengeringkan tanaman dan membuat ternak sakit dengan napasnya. Penampilannya sangat mengerikan dan menjijikkan, karena ia tidak berbulu dan tidak berkulit sama sekali. Dagingnya merah dan basah, dan pembuluh darahnya terlihat jelas. Kepala manusianya sangat besar, dengan mulut menonjol seperti moncong babi. Tangannya sangat panjang, sehingga bisa menyentuh tanah tanpa harus membungkuk. Kepala kudanya mengeluarkan uap panas dari mulutnya yang lebar, dan matanya merah menyala seperti api.

ilustrasi : sumber


Nuckelavee tinggal di laut, tetapi sering keluar ke darat dan menimbulkan malapetaka. Hanya ada satu hal yang bisa mengusirnya, yaitu air tawar, termasuk hujan Skotlandia. Ada sebuah cerita tentang seorang penduduk pulau bernama Tammas yang pernah bertemu dengan Nuckelavee saat berjalan pulang di malam hari. Dia melihat sesuatu yang bergerak mendekatinya di depan, dan awalnya dia mengira itu adalah seseorang yang menunggang kuda. Tetapi ketika makhluk itu semakin dekat, dia menyadari bahwa itu adalah Nuckelavee yang mengerikan. Dia tidak punya tempat untuk lari, karena di sebelah kanannya ada laut dan di sebelah kirinya ada sebuah loch (danau) air tawar. Dia hanya bisa berdiri diam dan berdoa, sambil melihat Nuckelavee mendekatinya dengan perlahan.

Cerita rakyat Skotlandia juga menyebutkan bahwa Nuckelavee ditahan oleh Mither of the Sea, sebuah roh kuno Orcadian, selama musim panas. Hanya dia yang bisa mengendalikan makhluk jahat itu. Ada kemungkinan bahwa Nuckelavee adalah gabungan dari kuda air dari mitologi Keltik dan makhluk yang dibawa oleh orang-orang Norse. Nuckelavee juga muncul dalam serial televisi Outlander sebagai salah satu musuh yang dihadapi oleh karakter utama.

Sumber 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama